Proyek Bandara Kertajati Perlu Rp 12 Triliun

Ekonomi - 10/07/2012 04:16

  Badan Perencanaan dan Pembangunan Nasional (Bappenas) memperkirakan, proyek pembangunan bandara Kertajati, di Majalengka, akan menelan anggaran 130 juta dolar AS atau sekitar Rp 12,2 triliun.

  “Ini hasil studi terbaru untuk bandara yang akan menerapkan konsep airport city,” ujar Direktur Pengembangan Kerja Sama Pemerintah dan Swasta (KPS) Bappenas, Bastary Pandji Indra, di Jakarta, Senin (9/7).
  Sementara itu, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat mengajukan nilai proyek bandara itu senilai Rp 8,29 triliun dengan luas lokasi bandara 3.600 hektare.
 Sebagai langkah awal, pemerintah berencana mengalokasikan dana Rp 100 miliar untuk tahun anggaran 2013. Anggaran itu menjadi tahap awal untuk proyek Bandara yang dimasukan ke dalam Rancangan Kerja Anggaran Pemerintah di 2013. “Itu belum tentu disahkan, “ujar Bastary.
  Bastary menjelaskan, mekanisme investasi untuk pembangunan Bandara Kertajati akan melibatkan investor dengan mekanisme public private partnership (PPP). Namun untuk komposisi pembagian proyek, pemerintah belum merancangnya. “Sudah ada yang tertarik (investor) dari Malaysia, Singapura, dan Spanyol,” imbuh Bastary. (tribunnews)
 

comments powered by Disqus