Pelaku Usaha Mikro Minim Perencanaan Bisnis

Ekonomi - 04/07/2012 03:16

Jajaran Kadin Kota Bandung, memberikan pelatihan bagi para pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Graha Kadin Kota Bandung, Jalan Talaga bodas no 31 Bandung pada 3-4 juli 2012.
Menurut Ketua Kadin Kota Bandung, Deden Y Hidayat (54), dalam menjalankan roda usaha, perencanaan dan strategi memilki peran yang tidak kalah penting. Namun umumnya para pelaku usaha mikro pemula itu minim perencanaan bisnis.
“Kebanyakan, mereka memulai bisnisnya berdasarkan tren yang berkembang. Misalnya, saat komoditi kaos ramai, banyak yang melakukan bisnis tersebut tanpa melakukan perencanaan matang,”ujar Deden.
Akibatnya, imbuh Deden, tidak sedikit para pelaku usaha mikro pemula itu yang pada akhirnya, tidak fokus dalam menjalankan roda usahanya. ”Artinya, mereka banyak yang mencoba beralih pada bisnis lain. Padahal, bisnis yang mereka tekuni pada awalnya sangat prospektif,” katanya.
Di tempat yang sama, Manajer Badan Promosi dan Pengelola Keterkaitan Usaha (BPPKU), Bambang Tris Bintoro, menambahkan, umumnya, para pelaku bisnis pemula itu adalah kalangan mahasiswa. “Memang, tidak sedikit di antara mereka yang ketika memulai bisnisnya, memiliki perencanaannya.
Sayangnya, banyak di antara mereka yang akhirnya mengikuti tren dan tidak fokus menjalankan perencanaannya,ujar Bin, sapaan akrabnya.
Karenanya, agar para pelaku usaha mikro lebih fokus dalam melakukan perencanaan bisnis, Kadin menggulirkan Pelatihan Bussines Plan (perencanaan bisnis).
Bin menambahkan, pihaknya memberikan berbagai metode dan pelatihan mengenai bagaimana melakukan perencanaan bisnis bagi para pelaku usaha.
“Harapannya, para pelaku usaha UMKM pemula itu dapat memiliki daya saing dan terus berkembang,” kata Bin. (win)  

comments powered by Disqus