PEGADAIAN DORONG KREDIT KEMITRAAN

Ekonomi - 12/07/2012 04:46

Bandung, PT Pegadaian Kantor Wilayah XI Bandung terus menggenjot  penggunaan kredit kemitraan untuk usaha mikro kecil dan menengah (UMKM). Hingga semester I/2012, kredit Kemitraan PT Pegadaian Bandung baru terserap sekitar 10% dari alokasi kredit kemitraan pada 2012 sebesar Rp6 miliar

Pemimpim Wilayah Pegadaian Kanwil XI Bandung Arifmon mengatakan, rendahnya penyaluran kredit kemitraan PT Pegadaian disebabkan minimnya informasi terhadap pelaku UMKM.”Padahal, mereka bisa mengakses kredit lunak dari Pegadaian dengan bunga sekitar 6% per tahun,” ujarnya di sela-sela sosialisasi Program Kemitraan dan Bina Lingkungan(PKBL) di Jalan Pungkur, Kota Bandung, Kemarin. Pelaku UMKM bisa mengakses kredit dengan batas pinjaman berkisar Rp5-30 Juta.

Dia Optimis serapam kredit PT Pegadaian pada semester II akan mencapai target. BUMN-nya akan memanfaatkan jaringan kantor cabang dan Outlet pegadaian yang tersebar di seluruh Jawa Barat. Pelaku UMKM di pelosok daerah dapat mengakses kredit ini di cabang pegadaian terdekat.

Menurut dia, penyalur kredit kemitraan sengaja ditempatkan di kantor cabang agar masyarakat lebih mudah mengakses kredit. Selain itu, mempermudah Pegadaian melakukan verifikasi.”Proposal yang masuk akan kami seleksi untuk disurvei. Tindakan itu tetap akan lakukan untuk menjaga kualitas debitur,”ucapnya.

Dia mengungkapkan, target penyalur an kredit kemitraan Pegadaian Bandung lebih besar Rp1 miliar dari tahun lalu senilai Rp5 miliar. Pencapaian penyaluran kredit pada 2011 mencapai  98%. Atas pencapaian itu, kantor pusat memberikan kepercayaan dengan menambah dana kredit program kemitraan ke wilayah Bandung,”katanya.

Program kredit kemitraan PT Pegadaian telah dimanfaatkan sejumlah industry mikro, kecil, dan menengah di wilayah Jabar. Seperti kerajinan kulit di  Garut dan sepatu Cibaduyut, Bandung.”Kredit macet atau non Performance (NPL) juga cukup rendah,”ucapnua.

Tingginya alokasi dana PKBL di Pegadaian Kanwil XI Bandung tak lepas dari pencapaian kinerja Pegadaian selama 2011 dan ditoapang peningkatan bisnis selama semester I/2012. Sampai periode 30 Juni 2012, PT Pegadaian Kanwil XI mencatat pertumbuhan antara 20-30% di banding periode juni 2011 lalu, dimana penyaluran kredit gadai telah mencapai 3 triliun, 45% dari target 2012 sebesar Rp6,6 triliun. Pertumbuhan itu didorong ekspansi Pegadaian membuka Outlet baru di sejumlah wilayah Jabar pada 2011 menjadi 325 outlet. Tahun ini, Pegadaian menargetkan membuka tujuh outlet baru melengkapi 325 outlet yang sudah ada.

comments powered by Disqus