Merpati tambah rute dari Bandung

Ekonomi - 14/02/2012 11:24

 

Bisnis Indonesia

         JAKARTA : Merpati Nusantara Airlines mengajukan rute penerbangan baru di Bandung ke sejumlah daerah di Indonesia seiring dengang tingginya animo masyarakat Jawa Barat menggunakan pesawat udara.

         Direktur Angkutan Udara Ditjen perhubungan Udara Kementrian perbungan Djoko Murjatmodjo mengatakan maskapai pelat merah itu berniat menerbangi Palembang dan Balikpapan dari Bandara Husein Sastranegara Bandung.

         Samapai saat ini, menurutnya,pihaknya masih memproses permohonan pembukaan dua rute baru dari Merpati dengan mempertimbangkan kelengkapan persyaratan dan kapasitas bandara.

         “Merpati sempat berhenti terbagi Bandung, tetapi muncul lagi. Sekarang mereka sudah mengajukan tambahan menjadi tiga Flight perhari,” tutrnya,Senin.

         Menurutnya,Bandara Husein Sastranegara Bandung semakin diminati maskapai penerbangan nasional  dan asing setelah memosisikan sebagai pusat pariwisata dan belanja yang menarik.

         Selain itu, pembukaan rute dari Bandung didorong tingginya trafik penumpang pesawat udara dari kota itu.

         Selama ini, Djoko menyebutkan Merpati sudah melayani rute Bandara Halim Perdana Kusuma Jakarta-Bandung satu kali per hari, Bandung-yogyakarta lima kali per minggu, Bandung-Semarang satu kali per hari, Bandung-Surabaya satu kali per hari, dan Bandung Tanjung Karang, Lampung.

         Selain Merpati, Indonesia AirAsia telah melayani rute baru Bandung-Surabaya satu kali per hari mulai kemarin. Maskapai yang siap melepas saham perdana atau initial public offering  (IPO) di Bursa Efek Indonesia itu sudah melayani rute Bandung-Denpasar 11 kali per minggu.

         Masakapai lain yang melayani Bandung Yakni Susi Air dengan rute Bandung-Halim dan Bandung-Pangandaran masing-masing satu kali per hari, Sriwijaya Air melayani Bandung-Surabaya satu kali per hari, dan Garuda rute Surabaya-Bandung satu kali per hari mulai 10 Februari 2012.

         General Manajer PT Angkasa Pura (AP) II Bandara Husen Sastranegara Eko Diantoro menyatakan Merpati akan menerbangi Bandung-Palembang mulai Maret 2012. “Mereka sudah menyampaikannya ke pihak kami,” katanya.

 DELAPAN MASKAPAI

          Saat ini, Eko menjelaskan total pergerakan pesawat di Bandara Husein sebanyak 48 pergerakan pesawat per hari dengan delapan maskapai a.l Garuda, Indonesia AirAsia,Merpati,Silk Air,Sriwijaya Air, dan Susi Air.

          Dia mengungkapkan daya tampung Bandara itu sudah tidak memadai lagi sehingga pengembangannya harus dilakukan mulai tahun ini.

          Dia melanjutkan kapasitas terminal penumpang juga sudah terlampaui, yang tadinya hanya di bangun untuk menampung 700.000 penumpang per tahun kini sudah mencapai 960.000 penumpang per tahun.

          Untuk itu, ucapnya , Ap II akan mengembangkan kapasitas terminal penumpang menjadi 3 juta per tahun dengan luas 9.000 m2 dari sebelumnya 3.000 m2.

           Direktur Keuangan PT AP II Laurensius Manurung mengatakan pihaknya menganggarkan dana pembangunan terminal penumpang di Bandara Husein Sastranegara sebesar Rp270 miliar selama 2012-2014.

comments powered by Disqus