Merek Adalah Kunci Keberhasilan Bisnis

Ekonomi - 06/09/2012 04:29

(Tribun Jabar). Merek itu adalah kunci keberhasilan bisnis di pasar kompetetif. Karena itu, merek harus terus dibangun dengan cara dikampanyekan yang terus-menerus kepada masyarakat luar maupun internal perusahaan.

Demikian dijelaskan pemimpin Perusahaan Tribun Jabar dan Kompas TV-STV, Pitoyo dalam acara halal bihalal Biz Club merupakan forum komunikasi dan koordinasi di antara Divisi Indofood group.

“Biasanya CEO atau pendiri perusahaan dan brand ambassador yang menjadi personal kunci untuk sebuah merek,” ujar Pitoyo yang hadir sebagai pembicara dalam acara itu di Restoran Glosis, Hegarmanah, Bandung.

Sebagai brand champion, kata Pitoyo, pemilik usaha harus berdiri di garis depan perusahaan dan berani  dan bertanggung jawab untuk mengembangkan dan melaksanakan strategi merek komunikasi. Brand champion seperti seorang storyteller yang mengembangkan cerita bagus tapi tidak membual.

Brand champion juga, ujar Pitoyo, perlu meyakinkan karyawan bahwa sebagai brand ambassador mereka harus memainkan perannya dalam mengulangi cerita yang sama untuk semua pemangku kepentingan eksternal perusahaan.

“Untuk pihak eksternal biasanya brand ambassador di kita kalau tidak bintang film, pemain music atau tokoh masyarakat yang kuat,”ujar Piyoto.

Masih menurut Piyoto, untuk membangun merek, perlu komunikasi terkait merek secara terus menerus. Perusahaan tidak bisa berhenti menceritakan tentang merek. Caranya bisa melalui pelatihan rutin, dialog, menampilkan poster dengan pernyataan posisi perusahaan, menggunakan papan pengumuman, dan mengedarkan komunikasi internal melalui email, memo dan sebagainya. Selain itu, unsur-unsur komunikasi non verbal seperti dress code dan kode etik karyawan juga sangat dibutuhkan untuk menceritakan merek.

Lebih lanjut Pitoyo mengatakan, dalam komunikasi merek juga perlu mewujudkan 3C yakni clarity (kejelasan), consistency (konsistensi), constancy (keteguhan). “Pesan merek yang kuat adalah yang jelas dan otentik tentang apa itu dan apa yang bukan. Sementara untuk mencapai konsistensi, isi dari komunikasi merek idealnya harus dikembangkan satu kali kemudian di sesuaikan sedikit untuk setiap media,”ujar Piyoto.

Sementara terkait keteguhan adalah tentang terus mengulangi pesan merek yang sama untuk memastikan bahwa pesan tidak hanya mendengar, tapi juga yang lebih penting.

Ketua Umum Biz Club Jabar yang juga DM PT Indofood CBP. Sukses Makmur Tbk (ICBP), Harry tampil mengatakan, Biz Club rutin mengadakan pertemuan setiap satu bulan sekali. Namun karena bulan ini bertepatan dengan idulfitri, maka sekaligus dengan acara halal bihalal.

“Ini adalah forum komunikasi dan koordinasi diantara divisi Indofood Group yang ada di Jabar,” ujarnya, sesuai acara. Setiap pertemuan biasanya diisi dengan seminar, dan kali ini mengangkat tema brand communication yang disampaikan Pitoyo.

comments powered by Disqus