Kemitraan Sejajar Kadin Kota Bandung

Uncategorize - 15/11/2011 10:10

Talaga Bodas, Hari jadi Kadin dan Kota Bandung secara kebetulan berdekatan, yaitu tanggal 24 dan 25 September.Keeratan antara keduanya juga seakan menyiratkan kedekatan psikologis dan historis. Hubungan antara Kadin Kota Bandung sebagai salah satu stake holder dalam pembangunan di Kota Bandung, bersama elemen Pemerintah Kota dan Dewan Kota telah terbangun dalam rentang waktu yang cukup panjang sarat dengan dinamika konstruktif bagi kemajuan Kota Bandung.

Sebagai wadah bagi usaha perorangan, perusahaan maupun asosiasi. Kadin Kota Bandung memiliki peran strategis dalam mendorong pertumbuhan ekonomi, membuka lapangan kerja dan industri di berbagai sektor. Disisi lain, pemerintah selaku regulator juga diharapkan dapat membuat kebijakan yang kondusif demi terciptanya target dan sasaran pembangunan di Kota Bandung,  yang juga demi kebaikan dan kemakmuran bagi seluruh warga Kota Bandung.

Sekedar kilas balik dan untuk menyegarkan kembali ingatan kita, Pemerintah Kota Bandung telah membuat 7 skala prioritas pembangunan Kota Bandung yang meliputi :

1.    Bidang Pendidikan: Terwujudnya Bandung Cerdas Tahun 2008 yang diharapkan agar wajib belajar 12 tahun atau sampai tingkat SLTA tahun 2008.

2.    Bidang Kesehatan: Masyarakat Kota diharapkan  terwujudnya Bandung sehat Tahun 2007.

3.    Bidang Kemakmuran: Masyarakat Kota, diharapkan akan tercapainya laju pertumbuhan ekonomi minimal 11% pada tahun 2008 dengan lebih banyak peningkatan pemberdayaan ekonomi rakyat.

4.    Bidang Lingkungan Hidup: seperti Gerakan Penghijauan, Hemat dan Menabung Air, Gerakan Cikapundung Bersih, Gerakan Sejuta Bunga untuk Bandung, Gerakan Udara Bersih, Program P4LH (Penanaman, Pembibitan, Pemeliharaan, dan Pengawasan Lingkungan Hidup) dan Program K3(Ketertiban, Kebersihan, Keindahan) serta Muatan Lokal Lingkungan Hidup Bagi Anak Sekolah.

5.    Pembinaan Seni dan Budaya: dengan sasaran terwujudnya Bandung Kota Seni dan Budaya Tahun 2008.

6.    Pembinaan dan Prestasi Olahraga: sasaran yang diharapakan terwujudnya Bandung Berprestasi Olahraga Tahun 2008.

7.    Pembinaan Kerukunan Umat Hidup Beragama: dengan sasaran terwujudnya Bandung Agamis Tahun 2008.

Semua pihak perlu melihat sejauh mana kesesuaian target program tadi dengan kondisi yang ada sekarang. Pemerintah telah mencanangkan program yang baik dan perlu dukungan segenap pemangku kepentingan. Program yang telah mencapai target diharapkan dapat dipertahankan atau bahkan ditingkatkan lagi, adapun program belum mencapai target, dengan segenap kemampuan bersama, kita dorong agar dapat segera mencapai target yang telah dicanangkan.

Dalam konteks hubungan kemitraan antara Kadin serta penyelenggara pemerintahan baik Pemerintah Kota Bandung maupun Dewan Kota Bandung, telah banyak yang lakukan diantaranya :

  • Program CSR (Corprate Social Responsibility): Kadin mendorong anggotanya untuk mengalokasikan dana CSR dalam membantu program pemerintah, utamanya yang terkait dengan peningkatan IPM ( Indeks Pertumbuhan Manusia ).
  • Sister City: Kadin berperan dalam memberikan masukan teknis tentang layak atau tidaknya kerjasama tersebut dilakukan.
  • Membentuk badan bernama BPPKU (Badan Promosi Pengelola Keterkaitan Usaha) sebagai lembaga sinergitas dalam pemberdayaan UKM. (SM/Jurnal Bisnis Kadin)

comments powered by Disqus