Kadin Jabar Ajari Mahasiswa Wirausaha

Ekonomi - 17/09/2012 10:03

Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Jawa Barat menggelar program studepreneur bagi kepada para mahasiswa bekerja sama dengan STIE Ekiutas Bandung.

Wakil Ketua Kadin Jabar Bidang Kemitraan dan UMKM, Iwan Gunawan mengatakan, studepreneur merupakan program pengembangan gerakan wirausaha yang ditanamkan bagi para mahasiswa di berbagai perguruan tinggi di Tanah Air.

“Studipreneur ini program inkubasi bisnis bagi mahasiswa. Sehingga para mahasiswa yang akan lulus, sebelumnya di inkubasi terlebih dahulu selama 1 tahun untuk mendapat binaan tentang kewirausahaan,”jelas Iwan.

Dipaparkannya, pelatihan ini melibatkan para mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di tanah air, seperti Universitas Gajah Mada (UGM), Universitas Indonesia (UI), dan Universitas Padjajaran (UNPAD).

“Dari sekitar 200 mahasiswa yang mendaftar ada sekitar 50 orang yang masuk pada program ini, mereka dari berbagai perguruan tinggi,”jelasnya.

Dari mahasiswa yang terpilih akan mendapat pelatihan, pendampingan serta materi lainnya. Sehingga setelah mendapatkan materi selama inkubator, mereka bisa mengimplementasikan pengetahuaannya di lapangan.

Menurutya pelatihan ini menumbuhkan motivasi para mahasiswa untuk bergerak di bidang di sektor wirausaha. Selama ini minat mahasiswa terhadap sektor wirausaha dan menjadi seorang pengusaha masih sangat rendah. Mayoritas mahasiswa berorientasi pada dunia kerja.

“Kita berupaya mengubah pola pikirnya, dari dunia kerja menjadi wirausaha. Sehingga dengan adanya program ini jumlah wirausaha muda baru dapat lebih berkembang. Saat ini jumlah pengusaha di Jawa Barat masih sangat kecil 0,18%. Kita harapkan studepreneur ini bisa mendorong percepatan jumlah pengusaha hingga 2%,”katanya.

Selain itu, program tersebut dimaksudkan untuk menanamkan jiwa pengusaha kepada para mahasiswa. Sehingga mereka bisa menjadi pengusaha yang andal dan professional setelah lulus dari perguruan tinggi.”Peserta yang lulus akan mendapat 2 sertifikat, yaitu ijazah dari kampus serta sertifikat sebagai pengusaha,”katanya. (Galamedia)

comments powered by Disqus