Kadin Bandung Dirikan Perwakilan di Hongkong

Politik - 08/11/2011 11:05

BANDUNG, TRIBUN - Dalam dunia bisnis, membuka kantor perwakilan merupakan sebuah langkah untuk mempermudah pertumbuhan dunia usaha. Hal itu menjadi dasar jajaran Kadin Kota Bandung untuk mendorong pertumbuhan produk para pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) kota berjuluk Parisj van Java ini.

Ketua Kadin Kota Bandung, Deden Y Hidayat, mengemukakan, untuk memudahkan perdagangan antara Kota Bandung dan Hongkong, pihaknya mendirikan kantor perwakilan di negara bekas jajahan Inggris tersebut. Tujuannya, jelas dia, membantu para pelaku UMKM Kota bandung menembus pasar di Hongkong.

Kantor representatif itu, jelas Deden, juga untuk menjembatani pemasaran produk UMKM Kota Bandung di Hongkong. Target awalnya, ucap Deden, adalah para warga negara Indonesia (WNI) yang selama ini tinggal di Hongkong. "Data Konjen RI menunjukkan, jumlah WNI di Hongkong sekitar 160 ribu orang. Sekitar 95 persen di antaranya, merupakan para TKI," ujar Deden. 

Tahap berikutnya, tambah Deden, tentunya, publik Hongkong. Diutarakan, sejauh ini, di Hongkong terdapat ribuan kantor perwakilan dagang bertaraf internasional asal seluruh negara. Menurutnya, Ini merupakan peluang pasar yang cukup terbuka bagi produk UMKM Kota Bandung.

Sejauh ini, lanjut Deden, pihaknya terus berusaha mendongkrak dan mendorong para pelaku UMKM Kota Bandung . Caranya, sebut dia, beragam. Misalnya, melibatkan para pelaku UMKM untuk mengikuti berbagai ajang pameran, baik sifatnya lokal, regional, nasional, maupun internasional. (win)

comments powered by Disqus