Jika TDL Naik, Pengusaha Lokal Kian Terpuruk

Ekonomi - 11/09/2012 04:23

.Pengusaha tekstil sekaligus ketua DPC PKB Kab. Bandung, H. Cucun Ahmad Syamsurizal menegaskan, jika pemerintah kembali menaikan tarif daftar listrik (TDL) per Oktober mendatang, pengusaha lokal dipastikan akan kian terpuruk.

“Karena akan mempengaruhi kelangsungan perusahaan. Bahkan produk yang dihasilkan pengusaha lokal sulit bersaing dipasaran,” kata Cucun kepada “GM” di solokanjeruk.

Apalagi saat ini, kata Cucun, para petani gagal panen akibat musim kemarau. Padahal ekonomi masyarakat menjadi daya dukung perusahaan dan warga di antaranya mendapat keuntungan dari hasil pertanian.

“Saat ini daya beli masyarakat lemah. Makannya saat pemerintah merencanakan kenaikan tarif dasar listrik, pengusaha lokal akan merasakan dampak negatifnya,” katanya.

Dalam kondisi ekonomi saat ini saja, kata Cucun, bagi para pengusaha bisa bertahan saja sudah untung. Mereka memanfaatkan modal usaha yang ada. Karena itu kenaikan harga TDL otomatis akan menaikan biaya produksi. Diantaranya biaya listrik dan ongkos kerja/minggu/bulan.

“Kenaikan TDL akan berimbas pada kenaikan bahan baku. Sementara pengusaha tidak bisa menaikan harga produksi karena daya beli masyarakat lemah,”katanya.

Jadi harga produksi belum seimbang dengan daya beli masyarakat. “Sebenarnya kami berharap pemerintah bisa kembali melakukan pengkajian dan katanya masih dalam penggodokan di DPR RI,” katanya.

Jika pemerintah merealisasikan rencana kenaikan TDL tersebut, pengusaha akan berusaha mempertahankan kelangsungan ekonominya dengan efesiensi tenaga kerja. Selain mengurangi tenaga kerja harian. “Yang jelas untuk perusahaan bisa bertahan saja sudah untung,”katanya.

Perkembangan ekonomi pengusaha lokal dipengaruhi kondisi ekonomi masyararakat. Seperti di sejumlah wilayah, siklus ekonomi perusahaan dengan daya beli masyarakat, dipengaruhi hasil pertanian atau lainnya. (Galamedia)

 

 

comments powered by Disqus