Indonesia Defisit Gula

Ekonomi - 14/08/2012 10:31

 
DIREKTUR IKM Wilayah II Kementerian Perindustrian RI, Gati Wibawaningsih, mengatakan, produksi gula nasional hanya 2,5 juta ton per tahun, sementara kebutuhan gula nasional mencapai 5,1 juta ton per tahun. Akibatnya, Indonesia defisit gula sekitar 2,6 juta ton per tahun.
“Karena kurang, makanya kita selalu impor,” kata Gati, dalam acara penandatanganan nota kesepahaman antara Koritan pada AIKMA Jabar dengan AGRI, di Balai Lelang Jabar, kemarin.
Sebagian besar gula yang diimpor, kata Gati, diolah menjadi gula rafinasi. Sebab kebutuhan gula rafinasi dari kalangan industri sangat tinggi.
Tentang sulitnya memperoleh gula rafinasi untuk kalangan IKM, Gati mengatakan, berdasarkan rapat di kementerian ternyata bukan saja gula rafinasi yang sulit diperoleh IKM. Sejumlah bahan baku makanan dan minuman bagi IKM juga ternyata sulit diperoleh, misalnya kedelai. Akibatnya, harga bahan baku pun naik.
“Karena itu, ketika rapat di Kementerian Perindustrian, harus ada kerja sama pola seperti ini supaya pasokan bahan baku ke IKM lancar dan tentu harga juga lebih murah,” kata Gati.

comments powered by Disqus