BJB Salurkan Kredit Mikro Rp 3,64 Triliun

Ekonomi - 06/09/2012 04:31

Akhir Bulan Ini Gelar RUPS

(Tribun Jabar).PT Bank Pembangunan Daerah Jabar-Banten atau Bank BJB, bersiap-siap menggulirkan Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) 2012. “Rencananya RUPS itu berlangsung 27 September. Lokasinya di Hotel Ritz Carlton, Jakarta,” kata Vice President Corporate Secretary BJB, Adang Kunanandar, di tempat kerjanya, jalan Naripan Bandung.

Agendanya, kata Adang, menyangkut pencapaian kinerja selama periode sebelumnya dan proyeksi periode selama ini. Misalnya, yang berkaitan dengan likuiditas kredit, termasuk untuk sektor mikro. Kemudian rencana ekspansi, semisal penambahan jaringan kantor.

Adang melanjutkan, agenda lainnya dalam RUPS tersebut adalah melakukan pengisian dan pergantian posisi pengurus yang belum terisi BJB. Akan tetapi, Adang tidak menjelaskan secara spesifik mengenai pengisian dan pergantian posisi pengurus BJB tersebut, apakah terjadi pergantian posisi pengurus BJB tersebut, apakah terjadi pergantian posisi direksi atau bukan.

Sektor mikro memang menjadi fokus kami. Karenanya, kami terus meningkatkan fasilitas kredit bagi pelaku usaha.“Informasi yang dapat kami sampaikan seperti itu, yakni soal pengurus,” kata Adang.

Berbicara tentang nilai kredit mikro, kata Adang, selama satu semester tahun ini pihaknya menyalurkan kredit mikro bernilai total Rp 3,647 triliun. Angka itu, diterima 71.362 debitur.

“Jumlah kredit mikro selama enam bulan pertama tahun ini lebih tinggi 23,76 persen dari pada akhir Desember tahun 2011 yang dinilai Rp 2,94 triliun,”kata Adang.

Adang menegaskan, pihaknya memang bertekad untuk terus meningkatkan likuiditas kredit mikronya karena BJB ingin jadi perbankan terdepan dan terbesar di Jabar yang menyalurkan kredit mikro.

“Sektor mikro memang menjadi fokus kami. Karenanya, kami terus meningkatkan fasilitas kredit bagi pelaku usaha mikro, misalnya, merilis dan mengoperasikan Waroeng bjb, “ujar Adang.

Saat ini bjb mengoperasikan sekitar 430 unit Waroeng bjb. Tahun ini , kata Adang, pihaknya berencana untuk menambah Waroeng bjb dengan target menembus 500 unit Waroeng bjb.

Penambahan Waroeng bjb itu, ujarnya, merupakan bagian strategi ekspansi bisnis, dalam hal penambahan jaringan kantor. Tahun ini juga bjb siap mengoperasikan 93 unit kantor Cabang Pambantu yang baru.“KCP-KCP itu dilengkapi Waroeng bjb ,”katanya.

comments powered by Disqus