WORKSHOP PERANAN HAK KEKAYAAN INTELEKTUAL (HKI)

Berita KBTC - 10/10/2013 03:57

 

Berdasarkan hasil dari analisis angket kebutuhan sebelumnya, maka untuk memenuhi keinginan anggota pada tangal 15 Mei 2013, dilaksanakan Workshop HKI. Bertempat di Aula Graha Kadin Bandung, workshop ini dikaitkan dengan kegiatan Usaha Anggota Kadin dan masyarakat pada umumnya. Acara ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada UMKM akan perlunya penggunaan merek dagang dan peningkatan daya saing produk, juga memberikan pemahaman tentang perlunya perlindungan hukum atas hak kekayaan intelektual atas karya mereka. Nara Sumber berasal dari Kementrian Hukum dan HAM Propinsi Jawa Barat, Hasbullah Fudail, Kepala Bidang Hukum dan Dona Prawisuda selaku Penyuluh Hukum. Seorang Praktisi di Bidang Kuliner juga ikut menjadi Nara Sumber, yaitu Medi Rahmadi (Darakembar).

Workshop ini diikuti oleh sekitar 50 pelaku UMKM Kota Bandung ini berjalan dengan lancar, melihat dari hasil questioner yang dibagikan kepada peserta bahwa sekitar 80% peserta mengatakan workshop yang perlu mereka ikuti. Tercatat juga bahwa 90% paham tentang merek dagang dan ingin mendapatkan perlindungan hak atas merek dagang mereka. Satu hal yang menarik adalah bahwa peserta tidak hanya mendapatkan ilmu dari pelatihan, tapi juga diberikan kesempatan untuk mengurus merk/ patent secara gratis oleh Kementrian Hukum dan HAM Jawa Barat. Ini merupakan hal yang mempunyai nilai lebih dari pelatihan yang ditawarkan KBTC dibandingkan dengan  pelatihan biasa.

          Melihat banyaknya antusiasme dari peserta pada saat itu maka akhirnya diputuskan untuk beberapa bulan kedepan akan diadakan kembali Pelatihan dengan tema yang sama. Acara ini akhirnya ditutup oleh Andreas Gosche, Koordinator IHK, selaku mitra dari Kadin Bandung Training Centre.

comments powered by Disqus