Memasuki 2016 kita adalah Masyarakat ASEAN (tamat)

Ekonomi - 06/01/2016 08:16

Secara internal, implementasi Negara anggota ASEAN atas berbagai upaya integrasi ekonomi-melalui penyederhanaan peraturan, harmonisasi struktur regulasi pemudahan pergerakan barang lintas batas dan mengurangi hambatan non tarif- akan semakin memperdalam tautan ekonomi regional.

Secara eksternal, basis produksi dan pasar tunggal  ASEAN diharapkan mampu menarik lebih banyak foreign Direct investment (FDI)  sehingga dapat menciptakan lebih banyak peluang kerja untuk mengatasi kemiskinan dan kesenjangan ekonomi.

Saat ini, perdagangan antar negara anggota ASEAN berkontribusi 24,1% terhadap total perdagangan luar negeri, sementara perdagangan negara anggota ASEAN dengan mitra Eksternal berkontribusi sebesar 75,9%.  Sementara itu, Masyarakat Sosial Budaya ASEAN akan merealisasikan Masyarakat ASEAN yang berorientasi pada masyarakat, bertanggung jawab secara sosial dengan penekanan pada pembentukan identitas bersama, serta membangun masyarakat yang saling peduli dan saling berbagi. Pilar sosial budaya menitikberatkan kerja sama di bidang kesehatan, pendidikan, lingkungan hidup, kebudayaan, pengelolaan bencana alam, serta membangun komitmen untuk memperbaiki kualitas hidup masyarakat.

Pada KTT bulan November 2015, para Kepala Negara ASEAN menggarisbawahi bahwa proses pembangunan Masyarakat ASEAN harus memberikan manfaat bagi kehidupan masyarakatnya dengan semboyan “ASEAN yang berorientasi dan berpusat pada masyarakat”. Semboyan ini akan menjadi prinsip utama untuk berbagai inisiatif ASEAN seperti program pengurangan kesenjangan pembangunan dan pembangunan konektivitas di kawasan. Sebagaimana disampaikan oleh para Kepala Negara ASEAN dalam Deklarasi tentang Masyarakat ASEAN, bercita – cita untuk menciptakan sebuah masyarakat yang melibatkan partisipasi aktif dan memberikan manfaat bagi seluruh individu di Negara-negara anggota ASEAN.(Kompas)

                                                                                                                                                           

 

comments powered by Disqus