Kenaikan TDL Bisa Memicu PHK

Ekonomi - 06/01/2013 09:05

BANDUNG (GM) - Para perajin kaos rajut di sentra rajut Binong Jati khawatir, kenaikan Tarif dasar listrik (TDL) memicu berkurangnya daya saing. Terlebih kenaikan TDL bisa memicu terjadinya kenaikan harga bahan baku dan memicu PHK.

Ketua Koperasi perajin rajut sentra binong Jati Suhaya Wondo mengatakan, kenaikan TDL sangat berpengaruh terhadap eksistensi usaha para perajin di sentra rajut Binong Jati. Terlebih kenaikan TDL bersifat mulitiflier efek dan mendorong kenaikan harga di berbagai sektor.

"Tentunya kenaikan TDL pun bisa memicu terjadinya kenaikan harga bahan baku, sehingga kita sangat khawatir dengan kenaikan TDL tersebut," jelas Wondo kepada "GM", Minggu (6/1).

Saat ini, harga bahan baku memang relatif stabil. Namun demikian kenaikan TDL bisa memicu terjadinya kenaikan harga bahan baku. Bahkan saat ini pun informasi kenaikan bahan baku pun sudah ada.

Namun yang jelas, lanjut Wondo, kenaikan TDL ini memicu terjadinya peningkatan biaya operasional para perajin, karena para perajin sendiri banyak yang menggunakan listrik diatas 1300 watt untuk operasional usahanya. Seperti halnya untuk operasional mesin lingking, mesin obras dan lainnya.

"Dengan kenaikan TDL ini otomatis biaya operasional pun naik sekitar 5 sampai 10 persen," jelasnya.

comments powered by Disqus