Kadin Bandung siap bergerak sukseskan PON 2016

Uncategorize - 13/09/2013 04:00

Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Kota Bandung siap bergerak lebih awal untuk menyambut dan mensukeskan PON XIX/2016 yang akan di gelar di Bandung Raya. 


"Kadin Kota Bandung siap bergerak lebih awal dan cepat untuk menyongsong PON XIX/2016 karena semuanya harus dilakukan dengan baik dan lengkap," kata Ketua Kadin Kota Bandung, Deden Y Hidayat di Bandung, Senin. 

Menurut Deden, pihaknya akan ikut mendorong agar pembangunan infrastruktur dibangun lebih awal atau mulai 2013. Terlepas dari berapa cabang olahraga yang akan dipertandingkan pada ajang PON XIX/ 2016 , Kota Bandung dipastikan harus mempersiapkan lebih awal. 

"Tidak hanya tempat pertandingan, juga fasilitas pendukung lainnya. Dari sisi penginapan tidak ada masalah, namun infrastruktur pendukung perlu ditingkatkan lagi," kata Deden. 

Ia menyebutkan, Jawa Barat dalam mempersiapkan diri menjadi tuan rumah PON harus berkaca dari daerah lain yang menjadi penyelenggara PON. Salah satunya menghindari pengerjaan proyek infrastruktur yang `dikebut`. 

Deden mengakui beberapa langkah sudah diambil Pemprov Jabar dengan bersinergis dengan Kota Bandung alam membangun Stadion Gedebage yang akan menjadi tempat pembukaan PON XIX/2016. 

"Berdasarkan komitmen gubernur, infrastruktur pertandingan akan digelar di Bandung Raya, sebagian sudah ada di Purwakarta dan Karawang. Itu jelas peluang bagi Kota Bandung," kata Deden yang juga Ketua Pengda Persatuan Sepak Takraw Indonesia (Persetasi) itu. 

Pelaksanaan PON XIX/2012, menurut Deden akan mendongkrak perekonomian Kota Bandung juga pertumbuhan ekonomi di kawasan itu. Momen yang akan datang pada empat tahun ke depan itu, kata dia harus ditangkap oleh warga Kota Bandung untuk meningkatkan kesejahteraan.

Selain keuntungan berupa pembangunan infrastruktur olahraga, kata Deden masyarakat dan pelaku usaha di Bandung juga akan mendapatkan keuntungan dari imbas sebagai tuan rumah.

Selain perhotelan, juga angkutan dan transportasi, jasa katering, kerajinan, percetakan dan usaha jasa lainnya akan terdongkrak. Terlebih rencana pengembangan infrastruktur jalan Bandung Intra Urban Tol Road (BIUTR) yang akan mengakses ke kawaan Gedebage. 

"Kadin Kota Bandung siap mensukseskan PON 2016, dan siap bergerak sejak sekarang," kata Ketua Kadin Kota Bandung itu menambahkan. (Antara News)


comments powered by Disqus