KIAT SUKSES EXPORT-IMPORT MENGHADAPI MEA

Berita KBTC - 05/11/2015 08:40

Ekspor adalah kegiatan menjual suatu barang keluar negeri, sedangkan orang atau lemabaga yang melakukan kegiatan ekspor disebut dengan eksportir. Impor adalah suatu kegiatan membeli barang atau suatu produk dari negara lain untuk kemudian dijual kembali dinegaranya. Dan orang atau lembaga yang melakukan kegiatan impor disebut dengan Importir.

Kegiatan ekspor-impor merupakan salah satu dari aktivitas perdagangan internasional dimana pihak yang terkait (melakukan ekspor-impor) harus memiliki ijin atau syarat tertentu untuk melakukan kegiatan tersebut. Sistem pembayaran ekspor-impor juga berbeda dengan sistem jual-beli pada umumnya, ada beberapa dokumen yang memang harus diisi oleh pihak eksportir dan importir agar terlaksananya kegiatan ekspor impor. Manfaat melakukan kegiatan ekspor-impor diantaranya adalah memperluas pasar bagi produk dalam negeri, memperoleh barang yang tidak ada di negara tersebut serta mengetahui kondisi pesaing diluar negara indonesia. Dengan ekspor kita juga bisa menguji produk indonesia apakah bersaing dengan produk luar atau justru sebaliknya. Dengan demikian kita dapat mengetahui apa keunggulan dari produk luar sehingga bisa bertahan di pasar luar negeri serta kelemahan dari produk kita yang harus kita perbaiki.

Dengan melihat hal tersebut maka Kadin Bandung Training Center akan mengadakan Workshop dengan Tema “Kiat Sukses Export-Import Menghadapi MEA”. Workshop akan diselenggarakan di Kadin Kota Bandung Jalan Talaga Bodas No. 31 pada tanggal 18 November 2015, dengan pembicara Ibu Regina Kindangen yang merupakan pengusaha serta praktisi ekspor-impor serta bapak Drs. Bismark, SH,MM dari Indag Pemprov. Jawa Barat.

Adapun Materi yang akan dibahas yaitu : Arah kebijakan pemerintah terhadap ekspor-impor, Identifikasi potensi dan kesiapan ekspor-impor, Cara pengisian dokumen ekspor-impor, Strategi pemasaran ekspor-impor, Mengenal bisnis ekspor-impor, Prosedur ekspor-impor & Riset pasar ekspor-impor.Dengan bobot 60% Teori dan 40% Praktek.

Untuk informasi dan pendaftaran bisa hubungi :

Ibu Nonon : 081221337995 - Ibu Elin : 081220210539 - Bapak Teja : 0812121608999

 

comments powered by Disqus