Ini Alasan Kadin Kota Bandung Mensertifikasi Programmer

Berita KBTC - 09/10/2013 10:49

Rencana Kadin Kota Bandung melakukan sertifikasi profesi bukan pada brand programmernya namun pada para pemilik keahlian langsung.

Ketua Kadin Kota Bandung Deden Y Hidayat mengatakan meski para pelaku IT di Bandung sudah terbilang maju dan canggih, tetapi sertifikasi masih penting.

“Nanti yang menyatakan bersangkutan menguasai keahlian ini apa? Anda jago tapi apa yang menyatakan Anda jago dalam bidang ini?” katanya, hari ini.

Selain itu, meski Bandung lebih condong sebagai jasa perdagangan, posisi programmer menurutnya sangat dibutuhkan. Terutama oleh para pelaku usaha kecil yang meminta bantuan programmer untuk mendesain logo atau produk.

“Keahlian ini masih dimiliki oleh kelompok-kelompok tertentu. Satu sektor usaha ini saya perkirakan jumlah programmernya mencapai 60-80 orang,”  ujarnya.

Kadin merencanakan setiap pemberian sertifikasi maksimal hanya bisa mengikutsertakan sekitar 30 orang programmer.

“Kami menargetkan ini bisa dimulai sejak November sampai Desember tahun ini. 2013 ini untuk programmer harus sudah selesai,”  paparnya.

Deden berharap langkah sertifikasi ini bisa menguatkan kesan daya saing tenaga kerja lokal yang masih lemah.

Kadin berharap pemerintah provinsi dan kota mulai bergegas melakukan langkah sertifikasi.

“Sekarang sudah masuk ke dalam tahap implementasi teknis. Meski tak semua tersertifikasi, puluhan programmer yang ada sudah bisa bersaing dengan programmer asing,”  katanya.(k57/k29/yri)

comments powered by Disqus