Dorong Ekonomi, Jerman Pertimbangkan Bantu Kabupaten-Kota

Berita KBTC - 22/09/2015 08:40

 JABARTODAY.COM – BANDUNG — Selama beberapa tahun, dunia usaha Kota Bandung terus menunjukkan geliatnya, kendati ekonomi saat ini dalam kondisi mengalami pelemahan, sebagai efek perkembangan global,  yang salah satu imbasnya yaitu rupiah tethadap dolar Amerika Serikat (AS) terdepresiasi cukup besar.

Menggeliatnya ekonomi Kota Bandung tidak terlepas dari peran Kadin Kota Bandung. Sejauh ini, lembaga yang menaungi sekaligus menjembatani dunia usaha dan pemerintah tersebut menggulirkan berbagai program untuk terus menggerakkan roda ekonomi Kota Kembang. Satu di antara mengembangkan program Trainning Center (TC).

Selama itu pula,  Kadin Kota Bandung mendapat dukunganIndustrie und Handeskammer (IHK) Kota Trier Jerman. Tidak heran, apabila Kadin Kota Bandung menjadi rujukan kadin-kadin daerah lainnya,  baik asal Jabar  maupun provinsi lain.

“Memang, selama ini,  kami bekerja sama dengan Kadin Bandung, satu di antaranya berupa TC.” tandas Koordinator IHK Trier Jerman, Andreas Gosche, di Graha Kadin Kota Bandung,  Jalan Talagabodas 31 Bandung,  belum lama ini.

Pria Jerman yang fasih berbahasa Indonesia ini meneruskan, organisasi dunia usaha seperti Kadin mesti menyadari betapa pentingnya sebuah TC. Menurutnya, melalui TC, para pelaku usaha dapat memperoleh  mendapatkan akses untuk pengembangan bisnisnya.

Di Indonesia,  hingga kini, hanya ada dua kadin yang memenuhi standar Undang-undang nomor 1/ 1987 tentang Kadin. Yaitu Kadin Kota Bandung dan Kadin Jateng.Goesche menilai melihat hal itu,  tidak masalah jika kadin-kadin atau organisasi lain belajar kepada Kota Bandung.

Soal ada tidaknya kemungkinan IHK mendukung kadin kota-kabupaten lain,  khususnya di Jabar,  seperti kerjasama dengan Kadin Kota Bandung, Goesche mengatakan,  hal itu dapat terjadi. “Selama bisa memberi nilai tambah, bsa saja kami melakukanya dengan kota-kabupaten lain,” tutup dia. (ADR)

Sumber : www.jabartoday.com

comments powered by Disqus