3 Kadin Wujudkan Iklim Usaha Kondusif

Ekonomi - 26/02/2014 09:44

 DIPONEGORO,(GM).-

Dalam rangka mewujudkan infrastruktur dan sarana kawasan ekonomi regional wilayah Jawa Barat, DKI Jakarta, dan Banten kompetitif, diperlukan kerjasama yang saling mendukung antara para pelaku usaha dari ketiga provinsi tersebut. Langkah itu pun untuk mewujudkan iklim usaha kondusif dan berdaya saing.

 

Demikian poin yang mengemuka pada rapat koordinasi antara Kadin Jawa Barat, Kadin DKI Jakarta, dan Kadin Banten di Jakarta, Senin (24/2).

 

Untuk itu, Ketua Umum Kadin Jabar, Agung S. Sutisno mengatakan, pesatnya perkembangan ekonomi di Jabar, Jakarta, dan Banten membutuhkan pola kerja sama yang saling menguntungkan para pelaku usaha. Juga mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat serta untuk membangun harmoni ekonomi kondusif bagi semua pemangku kepentingan. Selain itu memberikan konstribusi pada pendapatan daerah secara signifikan.

 

“Untuk itu diperlukan upaya penilaian serta evaluasi tajam dan seksama yang dilakukan bersama terhadap kinerja pembagunan ekonomi di provinsi masing-masing. Kemudian diupayakan perbaikan dan peyempurnaan yang dibutuhkan secara optimal untuk meningkatkan daya saing dan daya guna kerja sama,” jelas Agung dalam keterangan persnya kepada “GM”, Selasa (25/2).

 

Jangka pendek

Menurutnya, hasil evaluasi akan berkaitan dengan rekomendasi-rekomendasi jangka pendek dari Kadin yang bisa mendesak penciptaan kebijakan, untuk pengembangan prasarana dan sarana pendukung investasi. Sementara untuk rekomendasi jangka panjang, lebih diarahkan pada berbagai langkah dan strategi kerja sama yang mengarah pada penguatan dan pemberdayaan kinerja ekonomi regional. “Ini sebagai kesatuan perekonomian yang tangguh dalam rangka menghadapi globalisasi,” Katanya.

 

Sementara ketua umum Kadin Jakarta, Eddy Kuntadi mengatakan, kerja sama Kadin dari tugas provinsi akan menumbuhkan semangat kewirausahaan yang menekankan daya juang, inovasi, dan semangat berkompetisi yang sehat. “Termasuk mendorong pemerintah untuk bersikap terbuka dan bergerak cepat dengan birokrasi yang efisien,” katanya.

 

Sementara wakil ketua Kadin Jabar Bidang Informasi dan Data, Januar P. Ruswita mengatakan, apabila kerja sama Kadin dari ke tiga provinsi ini bisa terwujud dalam waktu dekat, maka akan dilakukan pertukaran data masing-masing. “Informasi-informasi tersebut akan bisa diakses melalui berbagai media, baik media cetak dan televisi nasional dan lokal, ataupun medina online yang dikelola Kadin,” katanya. (B.99)

comments powered by Disqus