10 Hal yang tidak anda ketahui tentang ASEAN

Uncategorize - 12/01/2016 08:04

1.Tahun 2017 ASEAN akan berusia 50 tahun.ASEAN dimulai dengan 5 negara pada tahun 1967: Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura dan Thailand.Keanggotaan ASEAN terus berkembang dengan bergabungnya Brunei Drussalam tahun 1984, Vietnam tahun 1995, Laos dan Myanmar tahun 1997 serta Kamboja tahun 1999.

2.Sekretariat ASEAN baru didirikan tahun 1976 di Jakarta, 9tahun setelah berdirinya ASEAN.Sekretariat ASEAN dikepalai oleh seseorang Sekretaris Jendral dan saat ini memiliki sekitar 300 orang staf.

3.Piagam ASEAN mulai berlaku 2008, 40tahun setelah berdirinya ASEAN.Piagam tersebut memberikan legalitas bagi ASEAN sebagai organisasi yang berlandaskan hukum.

4.Setiap Negara anggota ASEAN mengangkat seorang Permanent Representative(wakil tetap) untuk ASEAN pada tingkat Duta besar, berkedudukan di Jakarta.Kesepuluh Wakil tetap tersebut tergabung dalam committee of permanent Representatives to ASEAN(CPR), yang diketuai oleh Wakil tetap Negara anggota yang menjadi ketua ASEAN.CPR bertugas untuk mendukung ASEAN Community Councils (Dewan masyarakat ASEAN) dan badan-badan komenterian sektoral ASEAN; berkordinasi dengan sekretariat Nasional ASEAN, sekretaris jendral ASEAN dan sekretariat ASEAN;  serta memfasilitasi kerjasama dengan Mitra Eksternal.

5.Delapan puluh tiga Negara non-ASEAN telah menunjuk Duta besar untuk ASEAN.

6.ASEAN memiliki 10 Negara Mitra Wicana yaitu Australia, kanada, RPT, Uni Eropa, India, Jepang Selandia baru, Korea selatan, Rusia dan Amerika serikat.ASEAN juga membentuk kemitraan komprehensif dengan PBB.Banyak Negara lain berminat untuk menjadi Mitra Wicana ASEAN, termasuk dari kawasan Amerika latin dan Eropa.

7.Seandainya ASEAN adalah sebuah Negara, ASEAN akan menjadi perekonomian terbesar ketiga di Asia dan ketujuh didunia berdasarkan Produk Domestik Bruto(PDB).Mengacu pada tren saat ini, ASEAN diproyeksikan akan menjadi perekonomian terbesar keempat pada tahun 2025.

8.Ketua ASEAN-sekaligus tuan rumah Konferensi Tingkat Tinggi ASEAN dan pertemuan-pertemuan lainnya-bergilir setiap tahun diantara Negara anggota ASEAN berdasarkan urutan abjad.Namun demikian, pada saat-saat tertentu urutannya dapat berubah.Sebagai contoh,  ketua ASEAN tahun 2015 adalah Malaysia dan dilanjutkan Laos pada tahun 2016.Hal ini disebabkan Laos telah bertukar giliran dengan Myanmar, ketua ASEAN tahun 2014.Filipina akan menjadi ketua ASEAN tahun 2017 pada saat peringatan 50 tahun ASEAN.

9.Tanggal 8 Agustus diperingati sebagai hari ASEAN, menandai berdirinya ASEAN melalui deklarasi Bangkok tahun 1967.Berbagai kegiatan ditingkat Nasional dan Regional dilaksanakan untuk memperingatinya.

10.ASEAN akan melanjutkan proses Integrasi kawasan dan pembangunan masyarakat untuk 10 tahun kedepan setelah diresmikannya masyarakat ASEAN pada bulan desember 2015.Visi ASEAN 2025 dengan tegas, Visioner, Progresif dan beriorientasi kedepan, merefleksikan aspirasi ASEAN.Visi ini dibentuk untuk mewujudkan ASEAN yang Kohesif secara politik, Terintegrasi secara Ekonomi, bertanggungjawab secara sosial, berorientasi pada masyarakat, berpusat kepada masyarakat, dan berlandaskan hukum.

comments powered by Disqus