FORM PERTANYAAN






DAFTAR PERTANYAAN YANG PERNAH DITANYAKAN

Pertanyaan

Assalamualaikum wr.wb.

Saya berprofesi sebagai wirausaha pengolahan makanan. Usaha ini saya tekuni kurang lebih tiga tahun. Saat ini ada persoalan yang cukup merepotkan saya, kaitannya dengan borosnya penggunaan bahan baku dan pemasok bahan baku. Terkadang ketika produksi akan ditingkatkan karena permintaan mitra penjualan, bahan baku sangat terbatas, bahkan tidak ada dan terkadang kualitas bahan baku tidak sesuai dengan apa yang saya harapkan. Saat ini saya masih mengandalkan satu pemasok.

Pertanyaan saya, bagaimana mengatasi pemborosan bahan baku? Bagaimana cara membeli bahan baku yang baik? Saya berencana akan membeli beberapa pemasok serta bagaimana saya bisa mendapat informasinya secara terperinci?

Terima kasih. Wassalam

Mira 

bagaimana supaya dapat melakukan proses produksi dengan benar, karena terkadang mengakibatkan biaya yang membengkak dan saya rugi dalam berbisnis. Saya ingin perusahaan lebih produktif. Wassalam. Aceng

 Saya memiliki bisnis dibidang olahan makanan kering (camilan dengan beberapa varian). Usaha ini sudah saya tekuni selama 1,5 tahun. Dulu, saya karyawan disalah satu perusahaan. Alhamdulillah, usaha yang saya tekuni saat ini bisa berjalan lancer dan baik, walau terkadang terjadi pasang surutdalam penjualan. Pertanyaannya, bagaimana tips untuk meningkatkan omzet penjualan saya? Terima kasih.
Yanti, di Bandung

 Tanya :

Assalamualaikum Wr. Wb.

Saya saat ini sedang menjalankan bisnis di bidang konveksi. Usaha ini sudah berlangsung 5 tahun. Dari sisi produksi, kami rutin dan pemasaran berjalan baik karena order selalu ada stiap bulannya. Aktivitas usaha dijalankan di rumah.

Selama ini, masalah produksi, pemasaran, dan mengatur karyawan, saya lakukan dengan melibatkan keluarga/saudara.keuangan dipegang istri saya. Saya merasa usaha saya berjalan tanpa perubahan, terutama dari keuangan perusahaan. Padahal, secara hitungan usaha saya mendapat keuntungan. Keuangan keluarga dan perusahaan sulit kami pisahkan, karena kebutuhan keluarga dan perusahaan saling terkait.

Apa yang harus saya lakukan untuk mengatasi masalah ini karena saya ingin usaha ini berkembang? Terima kasih

Nandar

Kepada pengasuh rubric konsultasi UMKM “PR”, bisnis kami bergerak dibidang jasa yang sudah berjalan selama 1 tahun. Usaha ini adalah patungan bersama salah seorang teman saya. Dalam operasionalnya, saya mengatur internal perusahaan, sedangkan teman saya lebih banyak diluar mencari mitra untuk mendapatkan order. Alhamdulillah semua berjalan lancar.  Masalahnya adalah kami sering kedatangan mitra, sedangkan teman saya sedang diluar, padahal, saya bisa dikatakan lemah dalam hal bernegosiasi. Hal ini yang terkadang membuat saya repot. Mohon tips untuk bernegosiasi dengan baik.

Terima kasih.

Deni, Kopo Bandung

Kepada yth. Pengasuh rubric Konsultasi UMKM, usaha saya dibidang kuliner, warung makan. Usaha ini saya rintis sejak lulus kuliah, sudah berjalan hampir 1 tahun, jumlah karyawan 2 orang. Alhamdulillah berjalan dengan baik, dengan pelanggan baru maupun pelanggan tetap yang secara berkala datang di warung makan kami. Selain itu, warung kami juga sering mendapat order untuk berbagai acara, mengingat banyaknya persaingan dibisnis ini. Pertanyaanya, apa yang harus saya lakukan untuk mempertahankan pelanggan?

Demikian. Terima kasih.

Vinny, Bandung

 Assalamualaikum wr.wb.

Yth, Pengasuh rubrik UMKM, saya berencana berwirausaha di bidang kuliner.

Ide/gagasan bisnis ini sangat menarik dan sudah saya lakukan riset pasar, kemudian ada seorang teman yang tertarik untuk membiayai bisnis saya, akan tetapi meminta saya membuat rencana usaha. Mohon gambarannya mengenai bagian utama dari rencana usaha. Terima kasih.

M Nasir, Bandung

Assalamualaikum Wr. Wb.

Saya berwirausaha dibidang pembuatan tas, usaha ini sudah berjalan 3 tahun. Saya memiliki masalah dengan kas perusahaan yang terkadang terganggu, ketika akan melakukan proses produksi karena uang belum masuk.

Saya melakukan penjualan dengan pembayaran dari beberapa mitra sebagian secara kredit dan sebagian tunai. Terkadang pula, persediaan bahan baku maupun persediaan produk setengah jadi, menumpuk di tempat produksi. Modal usaha saya sangat terbatas dan saya butuh modal tambahan untuk mengatasi hal tersebut, tetapi saya tidak memiliki jaminan.

Mohon sarannya agar perputaran uang saya tidak banyak tertahan. Wassalam.

Hendra

 Menjawab pertanyaan Bapak Dani, wirausaha di bidang tas kulit wanita, tentang perlunya pameran. Pada terbitan “PR” edisi 21/5/2013, dibahas tentang persiapan mekelang pameran dan saat pameran. Kali ini pengasuh membahas masalah persiapan pameran di luar negeri dan apa yang harus di lakukan saat berakhir pameran.

 Menjawab pertanyaan Bapak Dani, wirausaha di bidang tas kulit wanita, tentang perlunya pameran untuk pengembangan usaha (“PR” edisi 14/6/2013), pengasuh kali ini melanjutkan jawaban tentang pentingnya dan tahapan-tahapan menjelang pameran.

 Assalamualaikum wr.wb.

USAHA saya bergerak di bidang pembuatan tas kulit wanita. Selama ini produk saya dipasarkan di beberapa gerai mitra bisnis saya,dengan cara titip jual maupun order-order kecil d3engan pembayaran tunai.

Usaha ini sudah berjalan empat tahun, bebetapa teman saya menganjurkan agar mengikuti pameran karena selama ini saya belum pernah mengikuti pameran. Mereka meyakinkan jika mengikuti pameran, produk saya akan semakin dikenal luas, bahkan kemungkinan bertambahnya mitra penjualan baik antarkota maupun provinsi, bahkan mungkin dapat “buyer” dari luar negeri.

Pertanyaannya, apakah pameran itu penting untuk usaha saya dan apa saja yang harus saya lakukan ketika akan mengikuti pameran? Wassalam.

Dani 

 Redaksi

Melanjutkan pertanyaan Ibu Fitriani, pelaku usaha konveksi tentang penting dan fungsinya merek dang merek dagang pada pecan lalu (11/6/2013), pengasuh melanjutkan jawaban atas pertanyaan tersebut.

Assalamualaikum Wr. Wb.

Yth. Pengasuh rubric, saya saat ini baru menyelesaikan pendidikan diperguruan tinggi. Saya ingin sekali berwira usaha, tetapi tidak memiliki ide ang pasti untuk memulai berbisnis. Saya sudah mencoba berfikir tentang ide bisnis, tetapi sering tidak pokus karena banyaknya ide bisnis yang bermunculan, sehingga sampai  saat ini saya belum juga berwirausaha.

Bagaimana cara menggali dan mengembangkan ide bisnis? Mohon sarannya.

Febrianto

Yth, pengasuh rubric konsultasi, usaha yang saya rintis sudah berjalan 3 tahun. Saya mendirikan perusahaan bersama seorang teman. Modal usaha dari patungan, dengan jenis usaha mebel. Usaha kamu berkembang baik, semua berjalan lancar. Kami berfikir kea rah pengembangan bisnis, tetapi modal kami terbatas. Bagaimana cara mengelola modal usaha dan meningkatkan modal, untuk dapat mengembangkan usaha? Sumber permodalan mana saja yang dapat kami akses. Terima kasih

Wassalam

Sandhy, Bandung

Salam sejahtera. Saya saat ini wirausaha makanan ringan. Usaha ini saya lakukan bersama keluarga, dengan memanfaatkan rumah tinggal sebagai tempat usaha. Usaha ini sudah berjalan 3 tahun, dan mengalami perkembangan dengan baik, karena mempertahankan kualitas produk dan serta varian rasa. Dari tabungan hasil usaha, saya berencata sewa tempat untuk membuka gerai (outlet) penjualan untuk menjual produk yang.

Pertanyaanya, bagaimana mencari lokasi strategis untuk outlet penjualan? Mohon tips nya.

Terima kasih

Assalamualaikum Wr. Wb.

Yth, pengasuh konsultasi UMKM, usaha saya sudah berjalan satu tahunterhitung sejak saya mengalami pemutusan hubungan kerja. Usaha saya bergerak dibidang pembuatan karet “sparepart” kendaraan. Saya ingin usaha ini tumbuh dengan baik. Untuk itu, saya ingin menyusun perencanaan usaha, tetapi sebelum menyusun rencana usaha, saya ingin membuat analisi SWOT. Mohon sarannya, apa yang harus saya lakukan.

Wassalam

Tatang, Bandung

 Redaksi

Melanjutkan pertanyaan Ibu Fitriani, pelaku usaha konveksi tentang penting dan fungsinya merek dan merek dagang pada pekan lalu (4/6/2013), pengasuh melanjutkan jawaban atas pertanyaan tersebut.

Yth. Pengusaha rubric konsultasi. Saat ini saya berwirausaha memproduksi aneka camilan, usaha rumahan ini sudah berlangsung selama 1 tahun. Selama ini pemasaran berlangsung lancer, tetapi ketika saya mencoba ekspansi pasar dengan memasuki berbagai “outlet” makanan, ternyata pemilik “outlet” selalu menyarankan saya untuk memiliki nomor PIRT yang diterbitkan oleh Dinas Kesehatan. Mereka mau menerima setelah produk kami ada nomr PIRT-nya.

Apakah PIRT itu dan bagaimana mengurus dan mendapatkan PIRT? Wassalam.

Riska

 Redaksi yang terhormat, saya adalah pengusaha kecil di bidang konfeksi, dengan jenis produk berbagai busana wanita (fashion). Insya Allah dalam waktu dekat merek produk saya mulai dipergunakan. Saya khawatir, merek produk akan di jiplak atau di pakai dan dipergunakan oleh pihak lain sehingga tidak ada kekuatan hukum atas merek produk tersebut karena belum didaftarkan. Yang menjadi pertanyaan, apakah yang dimaksud dengan merek, merek dagang, dan fungsinya, mafaat, keuntungan dan kerugian, serta persyaratan mendaftarkan merek? Apakah saya bisa mengaftarkan merek lama kepemilikan merek, kemana mendaftarnya? Terima kasih.

Fitriani (Bandung)

Assalamualaikum Wr. Wb.

Saya saat ini memiliki usaha secra berkelompok, bergerak dibidang pembuatan aksesori dan sudah berjalan 2 bulan. Kelompok usaha ini beranggota 5 orang. Saat ini kami masih berstatus mahasiswa, modal usaha patungan dan memanfaatkan apa yang kami miliki. Awal usaha ini dilaksanakan dari ide saya, usaha ini berlangsung mengalir begitu sajah, tetapi berjalan lancer. Kami bermimpi suatu saat bisnis kelompok ini bisa berkembang menjadi besar dan bermanfaat. Kemudian teman-teman sepakat mengangkat saya sebagai leader.

Pertanyaannya adalah apa yang harus saya lakukan sebagai leader dalam kelompok usaha ini?

Wasalam.                    

Soni, di Bandung

 Redaksi yang terhormat, saya adalah pengusaha kecil di bidang konfeksi, dengan jenis produk berbagai busana wanita (fashion). Insya Allah dalam waktu dekat merek produk saya mulai dipergunakan. Saya khawatir, merek produk akan di jiplak atau di pakai dan dipergunakan oleh pihak lain sehingga tidak ada kekuatan hukum atas merek produk tersebut karena belum didaftarkan. Yang menjadi pertanyaan, apakah yang dimaksud dengan merek, merek dagang, dan fungsinya, mafaat, keuntungan dan kerugian, serta persyaratan mendaftarkan merek? Apakah saya bisa mengaftarkan merek lama kepemilikan merek, kemana mendaftarnya? Terima kasih.

Fitriani (Bandung)

 Assalamualaikum Wr. Wb.

Yth. Pengusaha rubrik konsultasi, saya saat ini berwirausaha di bidang fesyen, usaha saya tergolong usaha kecil. Saya melakukan proses produksi dan juga berjualan secara langsung karena memiliki gerai, usaha ini sudah dimulai sejak 2010 dengan mempekerjakan sejumlah karyawan.

Pertanyaan saya, bgaimana cara membangun citra perusahaan? Dan bagaimana membuat promosi yang murah dan efektif.

Wassalam

Titin, Bandung

Yth. Pengusaha rubric konsultasi. Saat ini saya berwirausaha memproduksi aneka camilan, usaha rumahan ini sudah berlangsung selama 1 tahun. Selama ini pemasaran berlangsung lancer, tetapi ketika saya mencoba ekspansi pasar dengan memasuki berbagai “outlet” makanan, ternyata pemilik “outlet” selalu menyarankan saya untuk memiliki nomor PIRT yang diterbitkan oleh Dinas Kesehatan. Mereka mau menerima setelah produk kami ada nomr PIRT-nya.

Apakah PIRT itu dan bagaimana mengurus dan mendapatkan PIRT? Wassalam.

Riska 

 Assalamualaikum Wr. Wb.

Saya saat ini berwirausaha dibidang kuliner baru sekitar 5 bulan. Berwira usaha adalah pilihan saya sejak masih kuliah, baru saya lakukan ketika pendidikan di perguruan tinggi sudah saya selesaikan. Beberapa teman menyarankan, sebaiknya saya melakukan magang diperusahaan milik pengusaha yang berhasil yang sejenis usahanya sama dengan jenis usaha yang sedang saya rintis. Pertanyaannya, mengapa saya perlu magang, dan apa manfaatnya?

Demikian. Terima kasih. Wassalam.

Assalamualaikum Wr. Wb.

Yth. Pengusaha rubrik konsultasi, saya saat ini berwirausaha di bidang fesyen, usaha saya tergolong usaha kecil. Saya melakukan proses produksi dan juga berjualan secara langsung karena memiliki gerai, usaha ini sudah dimulai sejak 2010 dengan mempekerjakan sejumlah karyawan.

Pertanyaan saya, bgaimana cara membangun citra perusahaan? Dan bagaimana membuat promosi yang murah dan efektif.

Wassalam

Titin, Bandung

Assalamualaikum wr. wb.

Yth. Pengasuh Rubrik UMKM, saya berencana berwirausaha di bidang kuliner. Ide/gagasan bisnis ini sangat menarik dan sudah saya lakukan riset pasar, kemudian ada seorang teman yang tertarik untuk membiayai bisnis saya, akan tetapi meminta saya membuar tencana usaha. Mohon gambarannya mengenai bagian utama dari rencana usaha.

terimaksih.

M. Nasil, Bandung